Anies Mengaku Naik Heli Saat Bertemu Ahok, Dipinjamkan oleh Pengusaha Keponakan JK

11855
Helikopter (ilustrasi)

Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, bertemu gubernur yang juga calon gubernur DKI 2017-2022, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Balai Kota, Jakarta Pusat.

Pertemuan keduanya membawa angin sejuk. Namun, isu miring beredar karena Anies terlihat menaiki helikopter dan mobil Alphard dalam perjalanan menuju Balai Kota.

Baca:

Isu ini beredar berentetan dari grup-grup WhatsApp dan media sosial, termasuk grup-grup pendukung Anies. Tak sedikit yang menanyakan kebenaran isu tersebut dan menanggapi negatif. Maklum selama ini Anies terlihat hidup sederhana, bahkan selama kampanye Anies juga hanya ditemani mobil Toyota Kijang saat berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain.

Tapi mengapa kali ini Anies yang sudah memenangi Pilkada DKI versi quick count dan real count berdasarkan dokumen C1 KPU itu naik heli dan Alphard? Bahkan, dalam isu yang beredar disebut bahwa heli itu adalah heli milik bos Lippo Group, James Riyadi, yang selama ini lebih condong mendukung Ahok. Benarkah?

Berikut isu yang beredar luas: “info beredar…naik heli dr rooftop rs siloam simatupang ke rooftop aryaduta htel..lalu naik toyota alphard…heli james riyadi…jk bener — meski blm tentu salah, tp gimana gituu”

Saat dihubungi kumparan (kumparan.com), Jumat (21/4), Anies mengakui dirinya menaiki helikopter dari rooftop RS Siloam Jalan TB Simatupang menuju rooftop Hotel Aryaduta. Namun, dia menegaskan bahwa heli yang ia tumpangi bukanlah milik James Riyadi. Heli yang ia tumpangi adalah milik pengusaha muda Erwin Aksa, yang memang selama ini selalu mendampingi Anies dalam musim kampanye Pilkada.

Berikut penjelasan Anies selengkapnya:

“Saya menghormati waktu yang disediakan oleh Pak Basuki yaitu pukul 07.45 WIB di Balai Kota dan tidak bisa terlambat karena pukul 8.15 WIB, beliau sudah harus berangkat dari Balai Kota ke pengadilan,” jelas Anies.

“Sebelum itu ada kegiatan yang tidak bisa digeser waktu dan lokasinya. Sehingga Pak Erwin Aksa meminjamkan helikopter; agar tetap bisa menemui Pak Basuki sesuai waktu yang disediakan beliau,” sambungnya.

Memang, dalam pantauan kumparan, akhirnya Anies yang didampingi Erwin Aksa tiba di Balai Kota pukul 07.44 WIB, satu menit sebelum waktu yang diberikan Ahok.
Dari Hotel Aryaduta, Anies dan Erwin juga terlihat menaiki Toyota Alphard. Mobil Alphard berwarna putih ini ternyata juga milik Erwin.

Bila tidak menumpang heli, bisa jadi Anies akan terlambat. Lagi pula kemacetan lalu lintas kendaraan di kawasan Lebak Bulus, kawasan kediaman Anies, sudah beberapa lama macet panjang, terlebih di pagi hari, karena ada proyek pembangunan MRT dan underpass.

(kumparan/gerpol)